Promosi
kawasan Mandalika NTB dalam kegiatan misi penjualan oleh Kementrian Pariwisata
di Belanda. (Dok. Kemenpar)
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata
mempromosikan kasawan Mandalika, Nusa Tenggara Barat di kegiatan misi penjualan
(sales mission) di Belanda.
Kegiatan misi penjualan ini dilakukan dari 30
Mei-5 Juni 2018 di Amsterdam dan Eindhoven. "Presiden Joko Widodo telah
menginstruksikan agar fokus pada 4 DPP, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika,
dan Labuan Bajo. DPP Mandalika tidak hanya menyajikan keindahan alam seperti
pantai dan biota laut yang masih alami dan lestari.
Namun juga dikembangkan menjadi pusat bisnis,
MICE, luxury resort, marina, golf course, dan bahkan sedang dibangun sirkuit
berkelas internasional yang akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MOTOGP 2019,”
kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar Nia Niscaya sesuai siaran
pers yang diterima KompasTravel, Sabtu (2/6/2018).
Kegiatan misi penjualan di Belanda, terangkum
dalam tiga kegiatan. Pertama adalah pengenalan produk lewat kompetisi agen
perjalanan terbaik di Amsterdam. Kompetisi ini bekerja sama dengan media
pariwisata terbesar di Belanda Travel Media dan maskapai penerbangan KLM.
Waktu pelaksanaan selama delapan bulan untuk
memilih agen perjalanan terbaik dari masing-masing provinsi, dengan berbagai
tahapan seleksi, di antaranya kuis, case study, serta kreativitas pembuatan dan
pemasaran paket wisata Indonesia di Belanda. Masyarakat Belanda mencicipi
kuliner Indonesia dalam Taste of Amsterdam.(Dok. Kemenpar)
Pemenang kategori agen perjalanan terbaik
mendapatkan hadiah mengikuti kegiatan fam trip (familiarization trip) ke
Indonesia, antara lain mengunjungi Jakarta, Bali, dan NTT yang akan
dilaksanakan pada September 2018 mendatang.
Selanjutnya adalah kegiatan festival kuliner
bertajuk Taste of Amsterdam. Kegiatan ini berkerjasama dengan KBRI Den Haag,
Garuda Indonesia, dan Ron Gastrobar Indonesia. Dari 1-3 Juni 2018, Paviliun
Indonesia menyajikan hidangan Indonesia autentik dan fusion bagi masyarakat
Belanda, yang dimasak oleh duta kuliner Indonesia di Belanda, koki Agus
Hermawan.
Terakhir rangkaian kegiatan misi penjualan
ditutup dengan table top meeting. Dilaksanakan di Amsterdam Senin (4/6/2018),
dilanjutkan di Eindhoven, Selasa (5/6 /2018). Kegiatan table top meeting
diikuti tujuh industri pariwisata Indonesia sebagai penjual yang terdiri dari
lima tur operator.
Acara table top meeting akan dihadiri 80 buyers
potensial dari Amsterdam dan Eindhoven. Wisatawan mancanegara asal Belanda
menyumbang 205.844 orang ke Indonesia pada 2017.
Jumlah tersebut naik 2,82 persen dibandingkan
tahun 2016 sebanyak 195.463 orang. Sementara pada Januari hingga Maret 2018
tercatat sebanyak 37.395 wisatawan Belanda berkunjung ke Indonesia. Dengan kata
lain mencapai 16,6 persen dari target wisman Belanda yang tahun ini ditetapkan
sebanyak 225.000 orang.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar